Flat White vs. Latte: Perbandingan Rasa dan Cara Membuatnya

Kopi adalah minuman yang memiliki beragam varian dan kreativitas, dan dua minuman populer yang sering menjadi pilihan adalah Flat White dan Latte. Meskipun keduanya terbuat dari espresso dan susu, mereka memiliki perbedaan yang signifikan dalam rasa dan tekstur. Artikel ini akan membahas perbandingan rasa antara Flat White dan Latte serta cara membuat keduanya di rumah.

Flat White: Kelezatan dari Australia

Flat White pertama kali muncul di Australia dan Selandia Baru pada tahun 1980-an dan sejak itu menjadi minuman favorit di berbagai tempat kopi di seluruh dunia. Flat White terkenal dengan rasa yang kuat dan krima halus di permukaannya. Berikut adalah resep flat white yang bisa Anda coba di rumah.

Resep Flat White:

  • 1-2 shot espresso.
  • Susu yang lebih sedikit dibandingkan dengan Latte, sekitar setengah dari volume espresso.
  • Tidak ada busa susu yang tebal, hanya lapisan krima yang tipis di atas espresso.

Latte: Kelembutan dan Kenyamanan

Latte, yang berarti “susu” dalam bahasa Italia, memiliki rasa yang lebih ringan dan tekstur yang lebih kental daripada Flat White. Ini adalah minuman yang lebih lembut dan cocok bagi mereka yang suka kopi dengan rasa espresso yang lebih ringan dan banyak susu.

Resep Latte:

  • 1-2 shot espresso.
  • Susu yang lebih banyak dibandingkan dengan Flat White, sekitar dua pertiga dari volume espresso.
  • Busa susu yang kental di atas espresso.

Perbandingan Rasa

  1. Rasa Espresso

Flat White memiliki rasa espresso yang lebih kuat karena proporsi susunya yang lebih sedikit. Ini memberikan ciri khas kopi yang kaya dan kuat. Di sisi lain, Latte memiliki rasa espresso yang lebih ringan karena jumlah susu yang lebih banyak.

  1. Tekstur

Flat White memiliki tekstur yang lebih halus dengan lapisan krima tipis di permukaannya. Sementara itu, Latte memiliki tekstur yang lebih kental dan kreami karena busa susu yang lebih banyak.

  1. Kelembutan

Latte dikenal dengan kelembutannya yang menyenangkan dan kenyamanan rasanya, sementara Flat White memberikan sensasi yang lebih berani dan kuat.

Cara Membuatnya di Rumah

Flat White:

  1. Seduh 1-2 shot espresso.
  2. Panaskan susu dan sedikit busakan untuk menghasilkan lapisan krima tipis.
  3. Tuangkan espresso ke dalam cangkir.
  4. Tuangkan susu ke dalam cangkir dengan lembut.

Latte:

  1. Seduh 1-2 shot espresso.
  2. Panaskan susu dan buat busa susu kental.
  3. Tuangkan espresso ke dalam cangkir.
  4. Tuangkan susu panas dan busa susu di atasnya.

Dalam memilih antara Flat White dan Latte, semuanya bergantung pada preferensi Anda terhadap rasa dan tekstur kopi. Jika Anda menyukai rasa espresso yang kuat dengan lapisan krima tipis, pilih Flat White. Namun, jika Anda mencari sesuatu yang lebih ringan dan lembut, Latte mungkin lebih cocok untuk Anda. Tetapi, tidak ada salahnya untuk mencoba keduanya dan menentukan mana yang menjadi favorit pribadi Anda. Selamat mencoba!